Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi microsoft word 2019 lambat dan lemot

Penyebab dan tutorial memperbaiki Microsoft Office Word 2019 yang lambat dan lemot di laptop, pc dan komputer windows 11, 10, 8/8.1 dan 7 - Microsoft Word 2019 merupakan salah satu program pengolah kata yang sering digunakan oleh banyak orang.

Namun, terkadang pengguna mengalami masalah yaitu lambat dan lemotnya kinerja dari program tersebut. Hal ini tentu sangat mengganggu dan menghambat produktivitas kerja pengguna. Nah, berikut adalah beberapa penyebab dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab ms word 2019 lambat dan lemot

microsoft word 2019 lambat dan lemot

Dibawah ini beberapa alasan terjadinya lemot pada word 2019

1. Ukuran file terlalu besar

Ukuran file yang terlalu besar dapat membuat Microsoft Word 2019 menjadi lambat dan lemot. Hal ini disebabkan karena program harus memproses banyak data dan informasi yang terdapat pada file tersebut. Ukuran file yang terlalu besar biasanya terjadi karena terlalu banyak gambar, tabel, dan grafik yang disertakan pada dokumen.

2. Penggunaan add-in yang terlalu banyak

Add-in adalah program tambahan yang dapat digunakan untuk memperluas fitur Microsoft Word 2019. Namun, jika terlalu banyak add-in yang terpasang pada program, maka kinerja dari Microsoft Word 2019 akan menjadi lambat dan lemot. Hal ini disebabkan karena add-in akan menambah beban pada program.

3. Keterbatasan spesifikasi komputer

Microsoft Word 2019 membutuhkan spesifikasi komputer yang memadai agar dapat berjalan dengan lancar. Jika spesifikasi komputer yang digunakan terlalu rendah, maka kinerja dari program akan menjadi lambat dan lemot.

Mengatasi Microsoft Word 2019 yang lambat dan lemot:

Dibawah ini beberapa cara yang dapat anda pakai untuk mengatasi ms word 2019 yang loading

1. Mengurangi ukuran file

Cara pertama untuk mengatasi Microsoft Word 2019 yang lambat dan lemot adalah dengan mengurangi ukuran file. Hal ini dapat dilakukan dengan menghapus gambar, tabel, dan grafik yang tidak diperlukan pada dokumen.

2. Menonaktifkan add-in yang tidak diperlukan

Cara kedua adalah dengan menonaktifkan add-in yang tidak diperlukan pada program. Hal ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu Add-ins pada Microsoft Word 2019, kemudian pilih add-in yang ingin dinonaktifkan dan klik tombol "Remove".

3. Memperbarui spesifikasi komputer

Cara ketiga adalah dengan memperbarui spesifikasi komputer yang digunakan. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan RAM atau mengganti prosesor pada komputer.

4. Membersihkan file temporary

Membersihkan file temporary dapat membantu mengurangi beban pada program Microsoft Word 2019. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka menu Run pada komputer, kemudian ketik %temp% dan tekan Enter. Setelah itu, hapus semua file temporary yang terdapat pada folder yang muncul.

5. Menggunakan Safe Mode

Cara terakhir adalah dengan menggunakan Safe Mode pada Microsoft Word 2019. Safe Mode akan memuat program dengan fitur-fitur terbatas, namun dapat membantu mengatasi masalah kinerja pada program. Untuk masuk ke Safe Mode, tekan tombol CTRL saat membuka program Microsoft Word 2019.

Demikianlah beberapa penyebab dan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi Microsoft Word 2019 yang lambat dan lemot. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, diharapkan program dapat kembali berjalan dengan normal.